Tips Meraih Keuntungan dalam Investasi Obligasi Ritel Indonesia

 

Meta Deskripsi: Obligasi ritel Indonesia memang terkenal dengan resikonya yang rendah dan menawarkan keuntungan yang cukup besar. Namun, untuk meminimalkan resiko dan meningkatkan keuntungannya, simak tips aman dan menguntungkan dalam berinvestasi obligasi.

Obligasi Ritel Indonesia merupakan sebuah surat utang jangka panjang atau menengah yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan atau negara dan dapat diperjualbelikan. Surat utang yang terdapat dalam investasi jenis ini adalah perjanjian yang dikeluarkan penerbit untuk melunasi pokok utang pada akhir waktu yang sudah ditentukan kepada pihak pembeli surat utang.

Selain itu, penerbit juga berkewajiban untuk membayar imbalan, yang berupa kupon (bunga) dalam periode tertentu. Besaran bunga ini sudah diatur sebelumnya berdasarkan jumlah investasi yang dilakukan dan juga tenggat waktu yang dipilih investor.

Investasi obligasi juga menjadi salah satu instrumen investasi yang menjanjikan penghasilan tetap tiap periode tertentu. Hal ini karena suku bunga yang relatif stabil akan membuatmu menerima kupon dengan jumlah yang hampir sama tiap periode pembayaran suku bunga.

Tips Aman dan Menguntungkan dalam Investasi Obligasi Ritel Indonesia

Walaupun obligasi ritel Indonesia dianggap sebagai instrumen investasi dengan tingkat resiko yang rendah dan menjanjikan keuntungan yang stabil tiap bulannya. Ada baiknya kamu tetap berhati-hati saat berinvestasi dalam bentuk surat utang.

Untuk meminimalisir tingkat resiko dan menjamin keuntungan yang akan kamu peroleh. Berikut ini beberapa tips aman dan menguntungkan dalam investasi obligasi.

1. Pilih Obligasi yang Diterbitkan Pemerintah

Obligasi yang diterbitkan pemerintah umumnya dianggap lebih aman karena mempunyai resiko yang paling kecil. Hal ini tidak lain karena pemerintah mempunyai cadangan dana yang bisa digunakan untuk membayar utangnya.

Selain itu, pemerintah juga mengeluarkan kebijakan pembayaran surat utang dilakukan tiap bulan beserta dengan bunganya. Tidak mengherankan jika obligasi pemerintah difavoritkan oleh semua investor pemula.

Mengingat peminatnya yang sangat banyak, kamu perlu memperhatikan jadwal pembeliannya. Jika tidak, kamu akan kehabisan surat utang yang menguntungkan tersebut. Selain itu, surat utang yang diterbitkan pemerintah hanya dikeluarkan ketika negara sangat membutuhkan dana untuk membiayai pembangunan dan kebutuhan mendesak lainnya.

2. Pilih Obligasi yang Diterbitkan Perusahaan

Jika kamu kehabisan surat utang yang diterbitkan pemerintah, tidak ada salahnya untuk membeli surat utang yang dikeluarkan oleh perusahaan. Namun, pastikan bahwa perusahaan tersebut mempunyai manajemen keuangan yang bagus.

Seperti yang diketahui bahwa obligasi dari perusahaan mempunyai tingkat resiko yang lebih besar. Hal ini karena tidak ada jaminan bagaimana nasib perusahaan tersebut di masa yang akan datang. Sebab itulah kamu perlu mempelajari manajemen perusahaan itu sebelum membeli surat utang yang mereka terbitkan.

Untungnya ada banyak sekali perusahaan yang mengeluarkan surat utang untuk memperoleh dana cepat. Dengan begitu, kamu harus selektif untuk menentukan perusahaan mana yang ingin kamu jadikan pilihan. Agar lebih aman, ada baiknya kamu memilih tempo yang lebih sedikit. Karena pertumbuhannya mudah diprediksi.

3. Tentukan Tempo Obligasi sesuai Tujuan

Ketika kamu ingin melakukan investasi, mempunyai target yang jelas. Contohnya saja, tujuan untuk mengumpulkan dana selama 10 tahun untuk membeli mobil. Dengan tujuan yang jelas, kamu bisa memperkirakan berapa jumlah investasi yang perlu kamu keluarkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Tentunya dengan mmepertimbangkan bunga yang diberikan. Semakin jelas tujuanmu, semakin jelas juga perencanaan yang bisa kamu buat.

4. Investasikan Kembali Obligasi yang Sudah Jatuh Tempo

Jika kamu ingin memperoleh keuntungan lebih, kamu bisa berinvestasi kembali dengan hasil pembayaran surat utang yang sudah jatuh tempo. Hal ini akan membuatmu memperoleh keuntungan berkala. Selain itu, uang yang terkumpul tidak akan terbuang sia-sia, karena bisa kamu gunakan untuk modal investasi obligasi yang berikutnya.

Nah, jika kamu berkeinginan untuk berinvestasi obligasi perusahaan atau swasta. Kamu bisa memilih produk obligasi ritel Indonesia yang dikeluarkan oleh DBS Indonesia. DBS Indonesia menjadi pilihan yang paling cocok karena mempunyai track record yang bagus. Selain itu ada berbagai penawaran menarik yang bisa kamu dapatkan dengan membeli surat utang yang mereka keluarkan.

Keunggulan Utama Produk Obligasi Ritel Indonesia dari digibank by DBS

Untuk menambah keyakinan untuk mengambil investasi obligasi dari digibank by DBS. Berikut ini beberapa keunggulan yang ditawarkan DBS Indonesia untuk nasabahnya.

1. Layanan 24 Jam

Ketika kamu menjadi nasabah DBS Indonesia, kamu akan dimudahkan dengan adanya Aplikasi digibank by DBS. Sebab, dengan menggunakan layanan tersebut, kamu bisa melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja, tanpa harus datang ke kantor cabang.

2. Pendapatan Tetap

Tingkat bunga yang digunakan DBS Indonesia adalah fixed coupon. Dengan begitu, kamu akan memperoleh pendapatan tetap tiap bulannya dari pembayaran kupon.

3. Jumlah Minimal Investasi

Jumlah dana yang diinvestasikan, kerap kali menjadi masalah yang membuat orang tidak jadi melakukan investasi. Untungnya, jumlah minimal investasi yang ditawarkan digibank by DBS sebesar Rp. 1 juta.

4. Investasi Rendah Resiko dan Menguntungkan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, investasi obligasi memang mempunyai resiko yang paling rendah dan juga menawarkan keuntungan yang lebih tinggi dari deposito.

DBS Indonesia memang menawarkan berbagai kemudahan buat kamu yang ingin berinvestasi obligasi ritel Indonesia. Selain itu, digibank by DBS juga menawarkan cash reward hingga Rp. 4,5 juta buat nasabah yang berinvestasi minimal Rp. 20 juta. Yuk investasi sekarang!