Tips Jika Anak Susah Makan Sayur Dan Buah

Makan sayur dan buah sangat penting untuk kesehatan apalagi anak-anak. Jika anak susah makan sayur ataupun buah tentu harus dicarikan solusinya.

Beberapa alasan mengapa anak susah makan sayur ataupun buah, karena rasanya yang sangat berbeda dari makanan berperasa instan lainnya. Untuk mengatasi anak yang susah makan sayur dan buah berikut beberapa strategi yang bisa dilakukan.

1. Gabungkan Menu Sayur Dan Lauk Favorit

Untuk membuat anak tertarik pada sayur, maka bisa menggabungkan menu sayuran dengan menu favorit anak lainnya. Misalnya Anda bisa masak sayur sup ayam yang terdiri dari beberapa jenis sayuran. Mulai dari wortel, kentang buncis dan masih banyak lagi. Dengan begini, anak tidak akan menolak sayur sup yang Anda masak karena ada ayam kesukaannya di dalamnya.

2. Jadikan Buah Sebagai Camilan

Sementara udah bisa mengatasi anak susah makan buah dengan menjadikan buah-buahan sebagai camilan. Jika anak lebih cenderung menyukai makanan manis maka bisa memberikan buah-buahan yang manis. Seperti misalnya buah apel, anggur, semangka dan masih banyak lagi.

3. Edukasi Anak Manfaat Buah Dan Sayur

Kemudian Anda juga harus memberikan edukasi kepada anak mengapa buah dan sayur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Anda bisa langsung menunjukkan jenis-jenis sayur dan buah lalu beritahukan satu-persatu manfaatnya untuk tubuh.

Anda tidak perlu memaksakan harus memberitahukan semua manfaat jenis buah. Anda bisa pelan-pelan saja agar tidak terlalu menekan supaya anak bisa lebih memahami manfaat buah dan sayur dan belajar untuk menyukai makanannya.

4. Ajak Belanja Sayur Dan Buah

Anda juga bisa mengatasi anak yang susah makan dengan mengajaknya ikut belanja sayur dan buah. Suruh anak untuk memilih sayur dan buah favoritnya, bantu memilih yang paling bagus dan masukkan ke keranjang.

Mengajak anak berbelanja sayur dan buah juga bisa mengedukasinya untuk mengenal ragam buah dan sayur. Anak jadi lebih mudah untuk mengingat nama-nama sayur ataupun buah karena biasanya di supermarket tertera nama-nama buah dan sayur. Hal ini juga bisa meningkatkan minat anak terhadap makanan sehat tersebut.

Kini tentu anda sudah tidak bisa lagi mengenai solusi anak susah makan. Karena ada berbagai strategi yang bisa dilakukan, untuk membuat nafsu makan anak bertambah terhadap buah dan sayur atau makanan sehat lainnya.