Tanpa Obat-obatan, Ini Cara Atasi Asam Lambung Naik dan Cegah Agar Tidak Kambuh Lagi!

Gangguan pada sistem pencernaan yang sering kali dialami masyarakat memang asam lambung yang naik. Pastinya sudah banyak yang tidak asing dengan kondisi semacam ini bukan. Dimana ketika lambung Kamu  memproduksi terlalu banyak cairan asam.

Maka nantinya akan mengganggu pencernaan, membuat perut terasa perih, nyeri bahkan terkadang akan menjadi sulit untuk mengonsumsi makanan karena rasa yang kurang nyaman tersebut. Karena memang asam lambung ini sendiri punya sifat mengiritasi apa yang dilewatinya.

Kebanyakan cara atasi asam lambung naik memang memakai obat-obatan yang banyak dijual di pasaran, misalnya adalah jenis antasida yang memang bisa bekerja secara langsung untuk menetralkan asam lambung berlebih tersebut.

Hanya saja jika sekedar mengandalkan obat-obatan saja, tanpa perubahan pola hidup juga percuma. Karena kondisi semacam ini memang mudah untuk kambuh kembali atau menjangkiti Kamu , sehingga patut untuk diwaspadai.

Berikut ini diantaranya ada beberapa cara atasi asam lambung naik tanpa harus memakai obat-obatan, juga tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah agar nantinya penyakit tersebut tidak akan kambuh lagi, diantaranya adalah:

  1. Hindari makanan yang dapat memicu reflux asam lambung, kebiasaan mengonsumsi jenis-jenis makanan tersebut memang bisa menyebabkan asam lambung jadi naik, sebut saja diantaranya adalah kafein, cokelat, soda sampai dengan makanan yang asam serta manis. Tak bisa dipungkiri bahwa memang bagi sebagian orang makanan-makanan tersebut adalah mood booster terbaik ketika sedang kurang bersemangat, namun juga tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebaiknya dihindari jika Kamu  sedang mengalami GERD, karena akan membuatnya jadi semakin sulit sembuh.
  2. Konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung serat, serat yang ada dalam makanan bagus untuk melancarkan sistem pencernaan, juga membantu untuk menyerap asam lambung berlebih dalam tubuh. Sehingga Kamu  dapat memperbanyak konsumsi serat, diantaranya bisa dengan sayuran atau buah-buahan, namun jangan yang rasanya asam, juga hindari jenis sayur yang mengandung banyak gas seperti kubis.
  3. Mengatur porsi makan, cobalah untuk mengatur porsi makanan yang Kamu  konsumsi tersebut, karena makan secara berlebih juga dapat memicu asam lambung menjadi naik. Bagi yang punya GERD sebaiknya makan dalam porsi kecil, namun lebih sering, dibandingkan dengan makan langsung dalam porsi yang besar, karena kurang aman bagi lambung.
  4. Hindari makan sebelum tidur, beberapa orang merasa makan sebelum tidur adalah cara efektif untuk membuat tidur jadi lebih nyenyak. Padahal ini salah, kebiasaan ini akan membuat otot sfingter menjadi kendur atau lemas, sehingga nantinya membuat makanan yang ada dalam lambung kembali naik ke kerongkongan, menyebabkan terjadinya GERD.
  5. Hindari merokok, merokok ini akan memperparah GERD Kamu , karena memang ia dapat mengendurkan otot katup pada esofagus bagian bawah, sehingga nantinya isi lambung akan lebih mudah naik.
  6. Makanlah secara perlahan, hindari kebiasaan makan secara terburu-buru, biasanya hal ini akan membuat Kamu  tidak dapat mengunyah makanan tersebut dengan benar-benar halus sehingga membuat lambung bekerja terlalu keras dalam mencernanya.

Langkah tersebut bisa Kamu  terapkan untuk mengatasi gangguan lambung atau GERD ini. namun juga dapat diimbangi dengan konsumsi obat-obatan, termasuk diantaranya adalah memakai Promag.

Pastinya banyak yang sudah tidak asing dengan obat maag yang satu ini, dimana memang ia dapat membantu mengatasi asam lambung secara langsung ke sumber masalahnya. Tersedia jenis yang tablet kunyah maupun juga cair.

Sumber: https://promag.id/