Tanda Tanda Bayi Tumbuh Gigi yang Mudah Dikenali

Tumbuhnya gigi pada anak bisa mengindikasikan bahwa anak mengalami pertumbuhan yang baik. Meski demikian, dalam proses tumbuhnya gigi tersebut akan membuat bayi merasa kurang nyaman. Hal ini dikarenakan bayi masih melakukan adaptasi. Terdapat beberapa tanda tanda bayi tumbuh gigi yang bisa diketahui dalam proses tersebut.

Lima tanda-tanda utama ini biasanya mudah untuk dikenali. Lima tanda tersebut bisa dilihat secara jelas oleh orang tua karena berhubungan dengan kondisi fisik. Penasaran apa saja tanda-tanda yang sering timbul? Berikut daftar kelima tanda beserta dengan penjelasannya untuk referensi para orang tua:

1. Lebih Rewel dari Biasanya

Munculnya gigi baru membuat bayi harus beradaptasi dengan hal tersebut. Tentunya ini bisa membuat bayi kurang nyaman dan rewel. Apalagi saat menjelang petang, biasanya bayi akan sulit untuk ditenangkan. Karena saat malam hari, gigi yang baru tumbuh akan mengalami peningkatan dalam pertumbuhannya.

Jadi jika bayi rewel, ada kemungkinan akan mengalami pertumbuhan gigi. Hal yang harus dilakukan orang tua hanya menenangkan anak hingga tenang atau tidur lagi. Kerewelan pada anak merupakan kondisi yang wajar dan terjadi hampir pada setiap bayi. Jadi jangan panik dan lihat ciri kemunculan gigi lainnya.

2. Produksi Ludah Meningkat

Saat proses kemunculan gigi, biasanya produksi air liur bayi menjadi lebih maksimal. Sehingga bayi akan kesulitan mengendalikan air liurnya dan keluar lebih banyak dari biasanya. Peningkatan gerak otot mulut umumnya terjadi pada kondisi ini. Sehingga kelenjar ludah berproses lebih aktif dalam menghasilkan air liur bayi.

Kondisi seperti ini tidak perlu ditakuti. Banyaknya air liur yang keluar merupakan hal wajar dan bisa diatasi dengan mudah. Saat semua gigi muncul dengan lengkap, maka produksi ludah akan kembali normal seperti biasa. Hal ini dikarenakan bayi tidak perlu lagi beradaptasi dan membuat gerak otot mulut menjadi aktif.

3. Terjadi Demam

Tanda tanda bayi tumbuh gigi selanjutnya adalah demam. Tidak sedikit bayi yang mengalami hal ini selama proses pertumbuhan gigi. Penyebab utamanya adalah radang pada gusi yang membuat bayi menjadi demam seketika. Jika berada dalam kasus seperti ini, akan lebih baik jika segera membawanya ke dokter.

Nantinya akan diberikan obat penurun demam dan beberapa obat lainnya yang bisa membuat bayi kembali pulih. Hampir di setiap pertumbuhan gigi, bayi akan mengalami siklus ini. Namun tidak semua bayi akan mengalaminya. Ada juga yang hanya demi satu kali di awal dan ada juga yang tidak demam sama sekali.

4. Terjadi Pembengkakan Gusi

Jika terjadi gejala-gejala di atas, biasanya juga diikuti dengan pembengkakan gusi. Apabila ditemukan gusi berwarna merah atau tampak bengkak, maka bisa dipastikan sedang terjadi proses pertumbuhan gigi. Gejalanya masih sama, bayi akan merasa tidak nyaman karena pembengkakan tersebut. Hal yang harus diperhatikan hanya memberi ketenangan pada bayi.

Umumnya, pembengkakan hanya terjadi di area yang akan tumbuh giginya. Hal ini kemungkinan timbul saat semua gigi muncul. Sama seperti kondisi lainnya, ini merupakan kondisi wajar yang sering terjadi pada bayi. Jadi tidak perlu panik atau bingung jika ada pembengkakan. Lama-kelamaan gigi bengkak tersebut akan sembuh sendiri.

5. Turunnya Nafsu Makan dan Minum

Gejala ini biasanya mengikuti masalah rewel dan demam tadi. Bayi akan merasa kurang nyaman saat makan atau minum karena ada gigi yang tumbuh. Bahkan untuk minum susu saja, biasanya bayi akan menolak. Jika minuman atau makanan mengenai gigi yang sedang tumbuh, maka rasanya akan tidak nyaman.

Demikian lima tanda tanda bayi tumbuh gigi yang bisa dilihat secara langsung oleh siapa pun. Semua tanda-tanda di atas wajar terjadi pada bayi. Namun, ada yang hanya perlu diperhatikan prosesnya ada juga yang membutuhkan penanganan dokter. Maka dari itu, pastikan untuk melihat pertumbuhan bayi secara berkala jika menemukan kondisi tersebut.