Jenis Aktivitas Fisik Ringan yang Dapat Menjadi Pilihan Lansia

Walau Anda telah dewasa dan lansia, pasti tetap memerlukan beraktivitas walaupun aktivitas fisik ringan  yang penting masih tetap bergerak untuk otot yang lebih sehat. Lantas apa opsi kegiatan yang dapat dilaksanakan dan berguna untuk para lanjut usia?

1. Aktivitas Ringan Dengan Intensitas Rendah-Sedang

Yang pertama Anda dapat lakukan beberapa hal kecil di dalam rumah misalnya membenahi rumah. Dimulai dari menyapu, mengepel lantai, membersihkan piring dan sebagainya. Mengolah di dapur untuk membuat menu makan siang termasuk juga dalam aktivitas atau kegiatan yang ringan dengan intensitas rendah.

2. Aktivitas Ringan Dengan Intensitas Tinggi

Anda dapat melakukan kegiatan ringan dengan intensitas tinggi yang membutuhkan kekuatan yang lumayan. Misalkan mengusung perlengkapan rumah atau membawa barang belanjaan dari mobil ke rumah. Selanjutnya kegiatan seperti menggali tanah di pekarangan rumah termasuk juga aktifitas dengan intensitas yang tinggi.

3. Aktivitas Fisik Ringan dengan Olahraga

Disamping itu, untuk aktivitas fisik ringan ada pula beberapa opsi kegiatan olahraga yang masih tetap nyaman dilakukan bila Anda bosan dengan aktivitas yang ringan. Kegiatan yang dapat Anda lakukan yakni aerobik, penguatan otot, peregangan otot sampai penguatan tulang. Tapi dianjurkan dari beberapa macam olahraga ringan itu Anda dapat memprioritaskan aktivitas aerobik dan kekuatan otot. Alasannya sudah pasti aerobik dan penguatan otot, bisa berguna untuk kesehatan otot jantung dan paru-paru dan kekuatan tubuh.

Itulah beberapa aktivitas fisik ringan yang dapat Anda lakukan untuk orang dewasa dan para lanjut usia. Tetapi untuk membuat olahraga atau aktivitas ringan menjadi lebih efisien karena itu jauhi aktivitas olahraga yang tidak aman karena sudah pasti dapat membuat Anda cidera. Saat olahraga Anda jangan memforsir badan dengan berolahraga terus-terusan. Anda dapat beraktivitas olahraga sesaat tetapi punyai intensitas yang sering.

Anda harus bertanya kepada dokter lebih dulu saat ingin olahraga saat mempunyai keadaan kesehatan bawaan. Yakinkan juga semua aktivitas yang sudah dilakukan diimbangi dengan mengkonsumsi kalori dan gizi yang cukup. Dan tak lupa, saat sebelum olahraga lakukan pemanasan dan sesudah olahraga lakukan pendinginan untuk kesehatan badan.