Untuk menjaga kesehatan tubuh, banyak sekali upaya yang bisa kita lakukan. Selain menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang benar, Anda juga perlu dukungan dengan memanfaatkan bahan alami berkhasiat yang ada di sekitar kita. Salah satu bahan alami yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh adalah temulawak. Mungkin Anda sudah cukup familiar dengan nama bahan alami yang satu ini. Karena memang temulawak cukup sering digunakan dalam pengobatan karena khasiat yang terkandung di dalamnya. Terbukti dengan banyaknya pengobatan tradisional China yang mengandalkan khasiat atau manfaat temulawak.

Temulawak memiliki tampilan yang hampir sama dengan kunyit. Sehingga bagi orang awam yang belum pernah melihat temulawak akan mengira jika bahan alami yang satu ini adalah kunyit. Memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza, temulawak umumnya memiliki bentuk seperti silinder dengan ukuran diameter 6 cm. Temulawak memiliki permukaan kulit yang berwarna kuning muda. Sebagai tanaman asli Indonesia, Anda bisa menjumpainya saat berbelanja ke pasar serta umumnya ditanam di pedesaan dan hutan.

Temulawak memiliki kandungan zat, seperti kurkuminoid, minyak atsiri, protein, pati, selulosa, lemak, dan mineral. Pati adalah komponen terbesar yang terdapat dalam rimpang temulawak. Pati ini berwarna putih kekuningan karena mengandung kurkuminoid di dalamnya. Sebagai salah satu bahan alami berkhasiat, Anda bisa memanfaatkan temulawak untuk kesehatan. Karena temulawak dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan berikut ini:

  • Mengatasi masalah sistem pencernaan.

Temulawak jika dikonsumsi mampu merangsang produksi cairan empedu pada kantong empedu. Sehingga hal ini bisa membantu pencernaan dan metabolisme makanan dalam tubuh. Selain itu, temulawak juga bisa berkhasiat untuk mengatasi perut kembung, melancarkan sistem pencernaan, dan mampu meningkatkan nafsu makan.

  • Mencegah sekaligus mampu mengobati kanker.

Beberapa ahli percaya bahwa temulawak memiliki khasiat untuk membantu pengobatan pada mereka yang menderita kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker usus.

  • Mengatasi osteoarthritis.

Pada mereka yang menderita osteoarthritis sangat dianjurkan untuk mengonsumsi temulawak. Hal ini dikarenakan temulawak memiliki khasiat seperti ibuprofen atau obat penghilang rasa sakit yang kerap diberikan kepada penderita osteoarthritis.

  • Sebagai obat anti peradangan.

Kandungan senyawa antiradang di dalam temulawak mampu menghambat produksi prostaglandin E2 yang menjadi pemicu peradangan. Sehingga dengan kandungan antiradang ini akan membantu dalam mengatasi penyakit yang terjadi karena peradangan, seperti radang sendi.

  • Sebagai antibakteri dan antijamur.

Temulawak juga mengandung senyawa antibakteri dan antijamur. Sehingga dengan kandungannya ini akan berguna secara efektif dalam membasmi bakteri yang menyerang tubuh, seperti Salmonella, Staphylococcus, dll.

  • Membantu mengatasi jerawat pada wajah.

Bagi Anda yang memiliki permasalahan jerawat pada wajah, maka bisa mengandalkan khasiat dari temulawak. Karena temulawak bersifat astringent, yang mana bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak dari kelenjar. Selain itu, temulawak juga bersifat antiseptik yang bermanfaat untuk membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat.

Itu tadi beberapa manfaat temulawak bagi kesehatan. Setelah mengetahui manfaat tersebut, maka Anda bisa mulai menggunakannya ketika mengalami suatu permasalahan kesehatan seperti yang sudah disebutkan di atas. Dengan menggunakan temulawak untuk pengobatan, tentunya akan jauh lebih aman dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan kimia. Karena tidak akan menimbulkan efek samping berbahaya ketika dikonsumsi. Jika Anda membutuhkan ramuan temulawak yang lebih praktis dan terjamin aman dikonsumsi, maka bisa mengandalkan obat herbal dari Herbana. Produk-produk Herbana 100% menggunakan bahan alami. Selain itu pengolahan ramuan obat sudah menggunakan standar mutu yang tinggi. Tak cukup sampai disitu saja, produk Herbana juga sudah terdaftar di BPOM RI dan bersertifikat halal. Sehingga memang sangat layak untuk dikonsumsi.

By sijuara