Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Mual pada Perempuan Hamil

Masa kehamilan yang biasa dihadapi oleh sang ibu memang sangat berat. Dimana masa kehamilan ini menimbulkan mual berlebihan. Meskipun mual yang dialami dapat dikatakan normal namun sangat menyiksa ibu hamil. Agar mual atau muntah yang dialami oleh perempuan hamil dapat diatasi, tentu perlu mengetahui cara mengatasi mual.

Mengapa Mual pada Perempuan Hamil Terjadi?

Seperti yang diketahui bahwa perempuan hamil tentu memiliki gejala kehamilan dengan mual. Namun yang menjadi pertanyaan apa penyebab perempuan hamil mual atau muntah di masa kehamilan hingga berhari-hari lamanya. Berikut penjelasan terkait penyebab mual perempuan hamil di awal kehamilan:

1. Kadar Estrogen

Kadar estrogen pada tubuh perempuan akan mengalami peningkatan 100x lebih tinggi dari biasanya. Dimana peningkatan ini terjadi apabila perempuan tersebut sedang masa kehamilan. Peningkatan kadar hormon tersebutlah sehingga perempuan hamil merasa mual hingga muntah di pagi maupun malam hari.

2. Kadar Progesteron

Ternyata bukan hanya estrogen yang mengalami peningkatan apabila seorang perempuan sedang masa kehamilan. Namun kadar progesteron pun ikut meningkat yang dapat mengencangkan bagian otot pada rahim agar proses persalinan nantinya normal. Akan tetapi peningkatan ini dapat menimbulkan beberapa gejala kehamilan seperti mual maupun nyeri payudara.

3. Gula Darah yang Rendah

Rendahnya gula darah dimiliki perempuan hamil tentu dapat menimbulkan beberapa gejala. Dimana gula darah yang rendah ini biasanya disebut dengan istilah hipoglikemia dan terjadi apabila glukosa pada tubuh berkurang. Dengan begitu, gejala mual pada perempuan hamil pun muncul akibat plasenta pada tubuh menguras banyak energi.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Memang sangat gejala yang dapat menjadi penyebab perempuan hamil mual pada masa awal kehamilan. Selain itu, mood yang dimiliki perempuan hamil pun terkadang berubah atau sensitif. Olehnya itu, berikut penjelasan terkait cara mengatasi mual perempuan hamil dengan mudah di awal kehamilan:

1. Menghirup Udara Segar

Ternyata penciuman perempuan hamil mengalami peningkatan sehingga sesuatu yang tercium biasa bisa tercium menyengat. Apabila mencium sesuatu menyengat tentu membuat perempuan hamil mual. Olehnya itu, perempuan hamil bisa menghirup udara segar pada pagi hari. Dimana udara ini di dapatkan di halaman maupun di taman.

2. Memilih Porsi Kecil Saat Makan

Perempuan hamil yang mual bisa mengubah porsi makannya. Dimana perempuan hamil harus makan porsi kecil. Tujuannya agar mual tersebut dapat diatasi. Sebaiknya memakan makanan kering saja dan tidak memakan makanan pedas maupun manis. Makanan tersebut memang harus mempunyai karbohidrat yang banyak.

3. Jaga Kondisi Perut agar Tidak kosong

Kondisi perut kosong ini biasanya terjadi di pagi hari. Olehnya itu, perempuan hamil wajib membiasakan diri untuk rajin sarapan pagi. Memang untuk menghindari mual tersebut, perut harus diisi. Hal ini disebabkan karena perut yang kosong membuat ambung tidak bisa mencerna sehingga mual akan terjadi.

4. Minum Air Rebusan dengan Jahe

Jahe merupakan bahan dapur yang ternyata ampuh untuk mengatasi perempuan hamil supaya tidak mual. Dimana cara yang bisa dilakukan yakni mengiris tipis jahe tersebut terlebih dahulu. Selanjutnya masukkan jahe tersebut ke dalam teh maupun air rebusan. Kemudian ibu hamil bisa langsung minum air teh maupun rebusan yang sudah dimasukkan jahe.

Itulah penjelasan terkait dengan penyebab perempuan hamil mual. Selain itu, mengatasi mual pada perempuan hamil tentunya dengan melakukan hal sederhana. Dimana perempuan hamil dapat merubah kebiasaan untuk sarapan pagi maupun menggunakan bahan dapur yakni jahe yang nantinya dimasukkan dalam air rebusan.