buah nanas. ©2012 michfb.com Merdeka.com – Nanas (Ananas comosus) adalah buah tropis yang sangat lezat dan sehat. Buah nanas dapat memiliki berat hingga delapan kilogram dan memiliki rasa yang manis dan asam, serta mengandung pektin seperti serat yang memberikan tekstur kenyal pada buah.

Pohon nanas adalah tanaman asli Paraguay dan namanya berasal dari bahasa Spanyol piña, yang berarti biji pinus. Ini dianggap sebagai tanaman paling signifikan secara ekonomi dalam keluarga tanaman Bromeliaceae.

Sebagian besar kekuatan penyembuhan buah ini berasal dari enzim pencerna protein yang disebut bromelain. Bromelain adalah enzim, khususnya enzim protease, yang ditemukan di batang dan buah nanas. Selain itu, nanas adalah sumber fitokimia, termasuk bioflavonoid dan tanin. Berikut manfaat nanas yang wajib Anda ketahui bagi kesehatan tubuh:

Kaya Antioksidan Merdeka.com/shutterstock/Brent Hofacker

Kaya dengan nutrisi, nanas juga sarat dengan antioksidan sehat. Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh Anda melawan stres oksidatif.

Stres oksidatif adalah keadaan di mana ada terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini berinteraksi dengan sel-sel tubuh dan menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem kekebalan yang melemah dan banyak penyakit berbahaya.

Nanas sangat kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik.

Mengandung Enzim yang Mengontrol Pencernaan Merdeka.com/Shutterstock/Ilyashenko Oleksiy

Manfaat nanas yang cukup penting ialah mampu mengontrol kesehatan pencernaan. Nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelain. Senyawa tersebut berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein menjadi asam amino dan peptide.

Setelah molekul protein dipecah, mereka lebih mudah diserap di usus kecil. Hal ini dapat sangat membantu bagi orang-orang dengan kekurangan pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat enzim pencernaan yang cukup baik.

Sebagai contoh, satu studi menunjukkan bahwa peserta dengan kekurangan pankreas memiliki pencernaan yang lebih baik setelah mengonsumsi suplemen enzim pencernaan yang mengandung bromelain, dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen enzim pencernaan yang sama tanpa bromelain.

Bromelain juga banyak digunakan sebagai pelunak daging komersial karena kemampuannya untuk memecah protein daging yang keras.

Meningkatkan Kekebalan dan Menekan Peradangan Merdeka.com/Pixabay

Nanas telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional selama berabad-abad. Buah kuning tersebut mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan enzim seperti bromelain yang secara kolektif dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan.

Sebuah penelitian yang dilakukan selama sembilan minggu memberi makan ninety eight anak-anak yang sehat baik tanpa nanas, menambahkan nanas (140 g) atau menambahkan banyak nanas (280 g) setiap hari untuk melihat apakah nanas dapat meningkatkan kekebalan mereka.

Anak-anak yang memakan nanas memiliki risiko infeksi virus dan bakteri yang jauh lebih rendah. Juga, anak-anak yang paling banyak makan nanas memiliki hampir empat kali lipat sel darah putih (granulosit) yang melawan penyakit daripada dua kelompok lainnya.

Studi lain menemukan bahwa anak-anak dengan infeksi sinus pulih secara signifikan lebih cepat saat mengambil suplemen bromelain, dibandingkan dengan pengobatan standar atau kombinasi keduanya.

Terlebih lagi, penelitian telah menunjukkan bahwa bromelain dapat mengurangi tanda-tanda peradangan. Diyakini bahwa sifat anti-inflamasi ini membantu sistem kekebalan tubuh.

Melindungi Terhadap Penyakit Kardiovaskular

boldsky.com

Manfaat nanas meluas bagi kesehatan jantung karena kandungan serat, kalium, vitamin C dan antioksidannya. Sebuah studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa salah satu manfaat jus nanas adalah memiliki kemampuan kardioprotektif.

Studi ini menyimpulkan bahwa jus nanas dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan membantu membangun pencernaan dan penyerapan.

Asupan kalium yang tinggi juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke, perlindungan terhadap hilangnya massa otot, pelestarian kepadatan mineral tulang, dan pengurangan pembentukan batu ginjal. Buah-buahan yang tinggi kalium juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Nanas juga membantu meningkatkan kesehatan jantung karena efek bromelain yang kuat, yang dapat melawan pembekuan darah dan merupakan jawaban alami bagi mereka yang mengonsumsi aspirin sehari-hari untuk menurunkan risiko serangan jantung.

Bromelain telah terbukti menghentikan trombosit darah saling menempel atau menumpuk di sepanjang dinding pembuluh darah – keduanya diketahui sebagai penyebab serangan jantung atau stroke.

Mendukung Kesehatan Mental

Thinkstock photos/Getty Images

Satu lagi manfaat nanas adalah nutrisi-nanasnya dapat membantu memperbaiki suasana hati dan melawan depresi serta kecemasan. Nanas adalah sumber asam amino triptofan yang baik, sebuah penelitian menunjukkan nanas menghasilkan serotonin yang merupakan salah satu hormon bahagia utama kita.

Mengonsumsi cukup asam amino ini, selain nutrisi lain seperti vitamin B, penting untuk mendukung sistem neurologis Anda, dan untuk produksi hormon mood yang baik.

Mencegah Asma

Beta-karoten yang ditemukan dalam makanan nabati seperti nanas dapat membantu menurunkan risiko peradangan pernapasan dan asma.

Racun, gizi buruk, polusi, penyalahgunaan antibiotik, dan stres memainkan peran besar dalam perkembangan asma. Semua faktor ini menyebabkan peradangan, tetapi untungnya salah satu manfaat nanas adalah dapat membantu mengurangi peradangan melalui kemampuan detoksifikasi

Membantu Melawan Kanker

impartial.co.uk 2020 Merdeka.com

Tak hanya itu, manfaat nanas yang tak kalah penting ialah mampu melawan kanker. Menurut penelitian terbaru, bromelain memiliki beberapa aktivitas antikanker dan meningkatkan kematian sel apoptosis. Bromelain telah ditemukan memiliki sitotoksisitas selektif dan dapat membantu membunuh sel kanker dalam proses pembongkaran diri yang disebut apoptosis, sembari membiarkan sel-sel yang sehat tidak terluka.

Meningkatkan Kesuburan

Seperti yang dilansir dari laman Dr. Axe, menurut Academy of Nutrition and Dietetics, penelitian menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya antioksidan dapat membantu mencegah kemandulan. Karena radikal bebas dapat merusak sistem reproduksi, makanan dengan aktivitas antioksidan tinggi seperti nanas direkomendasikan untuk orang yang mencoba untuk hamil.

Antioksidan dalam buah ini, seperti vitamin C, beta-karoten dan vitamin dan mineral lain yang ada, termasuk tembaga, mempengaruhi kesuburan pria dan wanita. Dalam hal manfaat nanas untuk pria, antioksidan telah terbukti membantu meningkatkan aliran darah dan mengembalikan pembentukan jaringan yang tepat di organ genital mereka dan dapat membantu meningkatkan jumlah sperma.

Demikian pula, manfaat nanas untuk seorang wanita termasuk mengurangi peradangan dan mendukung penyembuhan jaringan ikat.

Efek Samping Mengonsumsi Nanas Secara Berlebihan Merdeka.com/shutterstock

Kita memang bisa mengonsumsi nanas setiap hari, namun sebenarnya itu tidak dianjurkan. Kandungan bromelain, terutama ketika Anda sedang mengonsumsi obat tertentu seperti pengencer darah, obat insomnia, atau antidepresan dapat menyebabkan interaksi dan efek samping seperti diare, mual, muntah, sakit perut dan sakit kepala.

Meskipun nanas adalah buah yang sehat dan lezat, nanas dapat pula menyebabkan desensitisasi gigi atau kerusakan gigi. Buah-buahan seperti nanas yang sangat asam akan bereaksi kimia saat mulut. Kemudian menyebabkan enamel terkikis dan menyebabkan kerusakan gigi.

Hal tersebut nantinya akan menyebabkan nyeri gigi dan sensitivitas ekstrem saat mengonsumsi makanan panas atau dingin.

[amd]Baca Selanjutnya: Kaya Antioksidan…

By sijuara