eight Hal Yang Tanpa Disadari Menyebabkan Hipertensi Dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi Hipertensi. ©CC0 Public Domain

Merdeka.com – Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan masalah kesehatan yang dialami oleh banyak orang dewasa. Masalah ini kini bahkan sudah diderita oleh mereka yang berusia lebih muda.

Penyakit ini biasa terjadi karena gaya hidup tak tepat yang kamu miliki. Konsumsi makanan yang sembaragan juga bisa menyebabkan terjadinya masalah ini.

Semakin sibuknya kegiatan yang kita miliki, menyebabkan seseorang lebih rentan mengalaminya. Beberapa hal sehari-hari, tanpa kamu sadari juga bisa menyebabkan munculnya hipertensi.

Ketika hipertensi dibiarkan saja dan dianggap sepele, masalah ini justru bisa berujung serius. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah hal sehari-hari yang bisa menyebabkan terjadinya hipertensi.

Duduk Seharian
Jam kerja panjang yang kamu miliki merupakan salah satu penyebab utama munculnya tekanan darah tinggi. Duduk dalam waktu lama menyebabkan bertimbunnya lemak dan meningkatnya berat badan. Jantung memiliki sifat seperti otot, semakin jarang dipompa dan dilatih, maka bakal semakin tak efektif.

Cara mengatasinya: Olahraga setidaknya satu jam dalam enam hari seminggu. Coba lakukan olahraga kardio seperti berenang, berlari, berjalan, dan bersepeda.

Konsumsi Alkohol
Konsumsi alkohol terutama secara berlebihan bisa menjadi penyebab terjadinya hipertensi. Hal ini terutama ketika kamu merupakan seorang peminum rutin alkohol.

Cara mengatasinya: Batasi asupan alkohol atau hindari sama sekali. Segera lakukan detoks usai kamu mengonsumsi alkohol.

Makan Terlalu Banyak Garam
Konsumsi cemilan atau makanan sehari-hari dengan kadar garam tinggi bisa menyebabkan terjadinya masalah ini. Makanan tinggi sodium ini membuat ginjal bereaksi dan membuat tubuh kebanyakan cairan hingga ke pembuluh darah sehingga tekanan darah juga meningkat.

Cara mengatasinya: Hindari makanan olahan serta jangan tambah garam pada makanan yang kamu masak. Batasi garam hingga 5 gram setiap hari.

Obat-Obatan Tertentu
Sejumlah obat-obatan bisa mengobati satu masalah kesehatan namun menyebabkan masalah lainnya. Sejumlah obat memiliki dampak meningkatkan tekanan darah.

Cara mengatasinya: Sebelum konsumsi obat, baca dulu kontra infikasi yang mungkin muncul. Sebisa mungkin juga konsultasi dengan dokter untuk mengetahui obat yang tepat bagimu.

Stres
Stres merupakan salah satu penyebab lain terjadinya kondisi hipertensi pada seseorang. Hal ini membuat kelenjar adrenal memompa tekanan darah dan meningkatkan hormon. Respons alami tubuh menyebabkan kontraksi pembuluh darah sehingga semakin kamu stres maka semakin tinggi risiko pada jantung.

Cara mengatasinya: Lakukan olahraga secara rutin serta meditasi. Walau stres tak dapat dihindari, namun penting untuk menemukan cara tetap santai dan tenang.

Keturunan Keluarga
Jika kedua orangtuamu memiliki riwayat tekanan darah tinggi, peluangmu mengalaminya bakal semakin tinggi. Risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi bisa sangat dipengaruhi oleh genetik.

Cara mengatasinya: Walau kamu tak bisa mengubah gen yang kamu miliki, kamu bisa konsultasi dengan dokter untuk melakukan langkah sebelum masalah ini muncul.

Merokok
Merokok walau hanya sedikit saja bisa meningkatkan risikomu memperoleh tekanan darah tinggi. Nikotin dari sebatang rook bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit sementara waktu. Rokok juga bisa merusak sel pembuluh darah.

Cara mengatasinya: Berhenti merokok sama sekali.