Dr Putri Sakti Dp, M.Gizi

Mengenal Sayur, Buah, dan Prajuritnya
Aneh tapi nyata ya statementnya. Masa iya makan sayur atau buah malah bikin nggak sehat. Tapi ini beneran! Nggak percaya? Nih buktinya guys:

* Makan sayur atau buah yang itu-itu aja. Yaiyalah nggak sehat, vitamin sama mineral yang masuk cuma itu-itu aja.
* Makan sayur atau buah doang tanpa diimbangi masuknya asupan utama tubuh. Misalnya karbohidrat, protein, atau lemak.
* Makan sayur atau buah karena kepaksa. Gimana mau sehat, yang ada stres makannya trus jadi dikit yang dimakan.
* Jadi korban PHP bacaan tentang ‘superfood’ (kaya sayur kale atau buah blueberry) jadinya yang dimakan ituuu aja dan kadang jumlahnya sekali makan bisa berlebihan. Ujung-ujungnya hipervitaminosis (kelebihan salah satu/beberapa jenis vitamin) tanpa sadar. Tapi vitamin yang lain malah krisis jumlahnya 😭
* Makan sayur tapi males bersihinnya. Yang ada malah kaya ngasi tiket gratisan penyakit buat masuk.
* Nah ini yang paling penting, makan sayur tapi digoreng apalagi pake penyetan terasi yang aduhai nikmatnya pake minyak ‘reusable’. Wassalam. Yang ada sayurnya bikin kolesterol kumat. Hayo ngaku yang suka penyetan pake terong/pete/kol goreng…
* Makan sayur pake indomie goreng. Sayurnya cuma kaya busa-busa cafe latte di pinggir cangkir. Dikit banget. Yassalam….

Habis sayur atau buah a…b…c… itu gak enak sih (kata orang). Enak nggak enak itu tergantung persepsi kita kok guys. Kata orang juga habis sayur/buah kan mahal. Lebih mahal biaya rawat jalan/rawat inap di RS dong pastinya. Ya kan? Sayur dan buah itu investasi jangka panjang, asuransi alami kita dari Tuhan.

Pernah denger dong istilah, kalau nggak kenal, maka tak sayang. Gimana mau sayang buah sama sayur klo kita aja nggak mengenal prajurit-prajurit luar biasa di dalamnya? Hayo siapa yang cuma sekedar tau sayur itu sehat, padahal gak kenal manfaat-manfaatnya? Nah, kalo mau sayang, ya (sekali lagi) harus kenal luar dalam. Sama aja kaya proses mengenal pasangan luar dalam dulu biar bisa jatuh cinta. Jangan baper ya, Mblo hehe…

Kenapa sih tubuh kita perlu sayur dan buah? Kayaknya udah pada bisa jawab sih ya, klo gak bolos pas jaman sekolah SD dulu buat kejar layangan…Yak betul, a hundred! Biar sehat! Sehat karena mereka kaya kandungan prajurit-prajurit yang bahasa gaulnya sih vitamin. Seberapa penting sih vitamin? Tergantung jenisnya sih ya… Bolehlah yuk kita kenalan sama prajurit-prajurit sayur dan buah yang jagain kita dari banyak penyakit.

* Vitamin B1 👉 Panggil aja namanya Thiamine (bukan Tukimin). Dia prajurit yang bisa mengawal proses pengubahan makanan bahan pokok kita (biasanya disebut karbohidrat sih) menjadi gula atau glukosa yang jadi energi tubuh kita, ibarat mobil, gula ini bensinnya. Keahlian Thiamine yang lain, bisa ngebantu pemecahan protein dan lemak yang masuk tubuh, meningkatkan kesehatan jaringan syaraf, dan jantung kita. Dan segudang manfaatnya yang lain bakal kita bahas lebih lanjut di subsequent subject. Sumbernya paling banyak dari ragi atau hati. Asal jangan hati yang udah patah apalagi hati yang lama menjomblo, hehe…Tapi bisa juga kita dapat dari sereal gandum, beras, kacang merah, asparagus, kentang, jamur, bayam, tuna, kacang hijau, biji bunga matahari, tomat, kubis dan terong.
* Vitamin B2 👉 sebut aja namanya Riboflavin. Prajurit hebat satu ini punya keahlian membantu memperbaiki dan mempertahankan sistem dalam tubuh kita. Keahlian Riboflavin yang nggak kalah penting adalah membantu pembentukan sel darah merah, membantu proses metabolisme pelepasan energi dari karbohidrat, mengatur pertumbuhan dan reproduksi, menjaga kekebalan tubuh, menyehatkan pencernaan kita dan yang paling disuka para kaum hawa sih servisnya dalam kecantikan. Biar makin disayang dan dipandang pasangan dong… Sumbernya gampang banget didapat dari sekitar, misalnya nih tomat, bayam, kacang kedelai, susu, telur, jamur, hati, kacang almond, brokoli, dan asparagus.
* Vitamin B3 👉 Nama samarannya sih Niacin. Kerjanya nggak kalah hebat atau penting di tubuh kita. Gimana nggak? Dia bisa membantu melancarkan aliran atau sirkulasi darah di tubuh, menjaga fungsi otak dan daya ingatnya (asal bukan mengingat mantan, ini terlarang hehe…), ngelancarin akses penyerapan karbohidrat, protein, dan lemak ke pencernaan kita (semacam kartu eToll gitu deh, asal jangan di tol jakarta deh, nggak ngefek…Jadi semacam curhat deh 😂), membantu juga kesehatan sendi tubuh dan yang paling disukai para wanita sih efeknya dalam mengatur kolesterol jahat di tubuh. Baik ya si Niacin. Mending nyemilin Niacin kan daripada Micin (salam 2 jari buat micin lover). Dapetnya darimana sih? Ikan, kacang-kacangan, hati, biji-bijian, daging merah tanpa lemak dan ayam.
* Vitamin B5 👉 Asam Pantotenat nama kerennya prajurit yang jago banget mengatur daya imun kita, alergi, pertumbuhan, memperlambat penuaan, menyehatkan pernapasan dan jantung, dan banyak lainnya. Kita bisa dapat manfaat hebat ini cuma dengan semudah makan jamur, brokoli, kubis, kacang-kacangan, dan ikan salmon.
* Vitamin B6 👉 Prajurit hebat yang biasa dipanggil pyridoxine. Manfaatnya juga nggak kalah penting, yaitu mengatur fungsi darah, sistem syaraf pusat, dan kulit kita. Biasanya vitamin ini bisa kita temui di kentang, daging, ikan, kacang-kacangan, pisang, bayam, wortel, atau telur.
* Vitamin B7 👉 Biotin sebutan pamornya. Biasanya sih dia kaya booster gitu buat naikin metabolisme tubuh kita, memelihara jaringan tubuh, menyehatkan jantung dan gula darah, dan (yang lagi-lagi di favoritin ibu-ibu atau gadis) bisa membantu menurunkan berat badan. Jadi nggak sabar deh pengen nyemilin gandum, kedelai, beras kasar, kacang, brokoli, kentang, bunga kol sama bayam…Yummy!
* Vitamin B9 👉 Kayaknya prajurit satu ini paling terkenal namanya, Asam folat. Dia semacam suami siaga gitu deh. Kok bisa? Ya gimana nggak, dia siaga banget dalam membantu melawan terjadinya cacat janin pada ibu hamil. Salut! Tapi, efek lainnya juga banyak kok, misalnya mencegah penyakit jantung/stroke, membantu membangun jaringan otot, membantu pembentukan hemoglobin (bukan, bukan pilem korea yang taking place itu. Hemoglobin ini sebenernya adalah protein di sel darah merah yang kerjanya mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Ibaratnya nih dia mobilnya, oksigen itu penumpangnya). Sumbernya pun banyak di sekitaran, bocoran dikit yah, misalnya segala sayur berdaun hijau, kacang-kacangan, keju, jamur atau bunga kol.
* Vitamin B12 👉 Cobalamin panggilan sayangnya. Kerjanya nggak kalah penting, Cobalamin siaga banget dalam membantu menghasilkan sel darah merah, membantu kerja si asam folat, menjaga kesehatan syaraf, dan yang paling hebat kerjanya dalam membantu membangun DNA! Gokil! Sumbernya bisa dari telur, daging, ikan atau susu. Sayangnya belum bisa kita dapetin dari sayur atau buah nih.
* Vitamin C 👉 Prajurit ini juga populer sampai banyak iklan seliweran tentang vitamin C buatan. Tapi ngapain minum yang buatan kalau yang alami aja banyak banget di sekitar kita, misal brokoli, stroberi, atau cabe. Bukan berarti jadi nyemilin sambel molo yaaaa…apalagi sama gorengan (tepok jidat). Gimana nggak populer? Dia ahli banget dalam membantu penyerapan zat besi ke tubuh, membantu pertumbuhan regular badan, dan bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. (Mungkin kurang cocoknya kalau buat hati yang terluka oleh kenangan.) Oke lanjut!

Makin seru dan gemes-gemes gimana gitu ya kenalannya. Tapi biar nggak bosen nih bacanya karena masih ada 4 prajurit vitamin yang keren-keren manfaatnya, kita sambung di subsequent bahasan yah….Sambil nunggu postingan lanjutannya, bisa sambil nyemilin buah atau sayur yang tadi disebutin di atas tuh…Siapa tau karena udah kenal, jadi mulai atau makin sayang buat makan sayur atau buahnya 😌

> Go vegetable heavy. Reverse the psychology of your plate by making meat the facet dish and greens the primary course
~ Bobby Flay

**P.S Minta tolong komen dan feedbacknya ya guys, konsultasi gizi juga boleh, be happy…See you!

**P.S image supply from Pinterest