Dokter Spesialis Yang Tepat Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Memiliki masalah kerontokan rambut yang sudah parah tak cukup dengan perawatan rumahan saja. Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter. Akan tetapi, dokter spesialis apakah yang harus didatangi untuk mengatasi masalah rambut rontok?

Dokter spesialis untuk mengatasi rambut rontok
Masalah rambut rontok yang terjadi tiba-tiba mungkin dapat memengaruhi kondisi psikologis dan kehidupan mereka.

Bahkan, mungkin Anda telah melakukan berbagai macam cara untuk mengatasi masalah ini, seperti mengubah gaya rambut dan menjalani perawatan rumahan.

Sayangnya, mengatasi masalah rambut rontok yang sudah parah dengan cara rumahan hanya akan bertahan sebentar. Setelahnya, rambut akan kembali rontok.

Jika ini yang terjadi, Anda mungkin perlu menemui seorang dokter spesialis kulit atau biasa disebut dermatolog. Dermatolog bukanlah dokter yang hanya berkutat dalam bidang kulit, melainkan juga rambut dan kuku.

“Sebelumnya, tidak banyak wanita yang mengalami rambut rontok berkonsultasi ke dokter spesialis. Mereka cenderung mencari cara sendiri untuk mengatasinya. Akan tetapi, belakangan ini para wanita ini semakin aktif mencari solusi dari permasalahan tersebut,” ujar dr. Mercurio, seorang ahli dermatolog kepada American Academy of Dermatology.

Ia melanjutkan bahwa peningkatan minat orang berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mengatasi masalah rambut rontok cukup menggembirakan.

Hal ini dikarenakan semakin cepat gangguan tersebut diperiksa, semakin baik pula peluang dokter untuk mengatasi hal tersebut.

Keluhan apa saja yang ditangani dermatolog?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dermatolog adalah dokter spesialis yang mengatasi masalah seputar kulit, rambut rontok, kuku, dan selaput lendir.

Kulit adalah salah satu organ terbesar di tubuh manusia dan menjadi benteng pertama melawan bakteri serta cedera. Oleh karena itu, apa pun yang terjadi pada kulit, bisa berdampak pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

Rambut rontok berkaitan dengan kulit kepala
Sama seperti dokter lainnya, mereka mengenali penyakit yang diderita pasiennya melalui gejala dan tanda yang disebutkan agar gangguan tersebut dapat diatasi, termasuk rambut rontok.

Salah satu alasan Anda perlu memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit jika mengalami masalah rambut rontok adalah kulit kepala.

Umumnya, para ahli dermatologi menghubungkan penyebab kerontokan rambut berkaitan dengan kulit kepala. Misalnya, adanya kurap pada kulit kepala.

Kurap pada kulit kepala biasa terjadi pada anak-anak dan membuat akar rambut tidak kuat sehingga mudah rontok. Jika tidak diobati dengan cepat dan tepat, tentu bisa berujung pada kebotakan.

Mengatasi rambut rontok di dokter spesialis kulit

Setelah berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit mengenai masalah rambut rontok, Anda mungkin akan diberikan beberapa pilihan untuk mengatasi persoalan ini.

Misalnya, melakukantreatment khusus pada kulit kepala jika kerontokan rambut yang Anda alami memang disebabkan oleh masalah di kulit kepala.

Dokter spesialis kulit juga bisa saja memberikan pilihan untuk melakukan transplantasi rambut agar Anda tidak terlihat botak.

Apabila rambut rontok yang Anda alami sudah sangat parah, ada baiknya Anda mendatangi dokter spesialis kulit atau dermatolog. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui apa yang menjadi penyebabnya sehingga bisa mengatasinya dengan tepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, analysis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih element.