Berbagai Tanda Anda Sedang Mengalami Penyakit Lambung

 

Apakah Anda pernah mengalami nyeri pada bagian ulu hati? Jika iya, maka hal tersebut adalah salah satu ciri ciri asam lambung yang perlu diwaspadai. Lambung sendiri merupakan salah satu organ yang sangat penting dalam proses mencerna makanan. Jika bermasalah, tentu saja kesehatan Anda akan terganggu.

Apa Saja Ciri Ciri Asam Lambung?

Ada banyak tanda yang bisa menjadi bukti bahwa Anda sedang mengalami penyakit yang berhubungan dengan lambung. Penyakit lambung yang berupa gerd tentu berbeda dengan maag. Untuk menyakit gerd sendiri, berikut beberapa tanda yang dapat ditimbulkan:

1. Ulu hati yang terasa nyeri

Apabila Anda mengalami nyeri pada ulu hati, maka patut waspada karena ini adalah salah satu tanda dari penyakit gerd. Nantinya nyeli ulu hati tersebut akan terus terasa dan menjalar hingga ke bagian kerongkongan. Tidak heran jika nantinya Anda juga akan merasakan sensasi seperti rasa terbakar pada bagian organ tersebut.

Tidak hanya sebentar saja, tanda-tanda ini umumnya dapat berlangsung dalam waktu yang lebih lama. Bahkan tanda-tanda tersebut bisa terjadi hingga 3 jam lamanya. Tentu saja akan mengganggu aktivitas keseharian Anda.

2. Nyeri setelah mengonsumsi makanan

Perlu Anda ketahui, bahwa menyakit gerd umumnya ditandai juga dengan nyeri pada bagian dada yang terasa berat terutama saat setelah makan. Hal tersebut terjadi karena makanan yang sudah dikonsumsi memicu pengeluaran asam lambung. Oleh karena itu, bagi Anda yang menderita penyakit tersebut sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan.

Sangat penting juga bagi Anda untuk menghindari makanan dengan jumlah atau porsi yang besar. Kemudian jangan langsung tidur saat setelah makan apabila tidak ingin mengalami tanda nyeri tersebut. Pastikan juga untuk menghindari makanan yang berlemak dan pedasa berlebihan yang hanya akan memicu asam lambung menjadi naik.

3. Mulut yang terasa pahit

Pernahkah Anda mengalami mulut yang terasa pahit setelah mengonsumsi makanan? Tanda yang satu ini bisa jadi salah satu tanda bahwa Anda sedang menderita penyakit gerd. Rasa pahit tersebut terjadi karena asam yang ada pada lambung sudah naik menuju kerongkongan hingga mulut. Tidak hanya itu saja, orang lain bahkan merasakan sensasi asam yang ada pada bagian ujung lidah mereka.

4. Terasa mual di lambung

Tidak hanya beberapa gejala di atas, masih ada gejala atau tanda lain yang bisa Anda rasakan ketika menderta penyakit gerd. Diantaranya adalah timbulnya rasa mual yang disertai dengan rasa yang ingin muntah. Oleh karena itu, hindari berbagai hal yang dapat memicu kondisi tidak mengenakkan tersebut.

Anda bisa menghindari mengonsumsi makanan pedas, makanan berlemak dan berminyak mulai dari sekarang. Selain itu, sangat penting juga untuk menghindari minuman yang mengandung gas seperti soda.

5. Radang tenggorokan

Perlu Anda ketahui, bahwa naiknya asam lambung menuju kerongkongan dapat memicu iritasi pada tenggorokan. Hal tersebutlah yang dapat menyebabkan seseorang mengalami gejala batuk kering disertai dengan rasa nyeri pada bagian tenggorokan yang tidak kunjung sembuh.

Kemudian, jika dilakukan pemeriksaan terlihat bagian dinding tenggorokan menjadi berwarna kemerahan. Oleh karena itu, pastikan Anda segera mencari tahu bagaimana cara mengobati penyakit gerd tersebut.

Itulah beberapa informasi mengenai tanda bahwa Anda sedang menderita penyakit lambung. Apabila Anda merasa pernah dan sedang mengalami berbagai tanda tersebut ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter terdekat. Kemudian, hindari pula berbagai hal yang dapat menyebabkan penyakit tersebut kambuh kembali.