Belajar Cara Memilih dan Mengolah Toge Jadi Hidangan yang Nikmat Yuk!

 

Toge merupakan sayur yang didapatkan dari hasil pertumbuhan tunas kacang hijau. Ia dikenal sebagai sayur yang bagus untuk kesuburan baik itu bagi pria maupun wanita. Di samping itu sebenarnya jika berbicara mengenai rasa, maka sayur yang satu ini pada dasarnya memang memiliki cita rasa yang nikmat, juga dapat dikreasikan menjadi beragam jenis hidangan yang menggugah selera. Selain dengan membelinya di pasaran sebenarnya Anda bisa dengan mudah membuatnya sendiri.

Tips Memilih Toge Segar

Jika Anda ingin lebih praktis dengan membeli tauge di pasar, agaknya wajib tahu bagaimana cara memilih yang benar-benar bagus. Berikut ini diantaranya yang dapat Anda ikuti, yaitu:

  1. Perhatikan warnanya, Anda dapat mulai melihat dari warnanya, toge yang bagus punya warna putih bersih, hindari membeli jika sudah mulai banyak warna kecoklatan disana, karena artinya usia dari toge tersebut sudah cukup lama.
  2. Tekstur, sama halnya ketika Anda membeli sayuran lain, maka untuk mengecek kesegarannya tersebut dapat dilihat dari bagian teksturnya, dimana untuk toge yang masih segar memiliki tekstur tergolong lebih keras, tidak lembek.
  3. Pilihlah yang tidak kering, cek juga apakah tauge tersebut terlihat masih segar atau sudah tampak keriput kering, biasanya yang sudah kering ini usianya memang sudah lama dan tidak sedap ketika dimasak.
  4. Cium aromanya, umumnya tauge yang masih segar tidak mengeluarkan aroma yang aneh seperti menyengat, berbeda dengan toge yang sudah lama akan mengeluarkan aroma kurang sedap basi.

Cara Mengolah Toge Menjadi Hidangan yang Nikmat

Guna membuat hidangan yang nikmat dari bahan dasar sayur yang satu ini, maka ikuti beberapa langkahnya berikut, yaitu:

  1. Bersihkan toge dari kulit hijau yang menempel di bagian kepalanya, karena biasanya dalam proses pertumbuhan kulit luar ini tidak terbuang sempurna. Jadi harus dibersihkan secara manual terlebih dahulu.
  2. Cuci dengan air yang mengalir, hendaknya hindari mencuci toge tersebut dengan cara merendamnya dalam air, karena hal ini hanya akan membuat beberapa jenis vitamin yang ada didalamnya ikut larut dalam air tersebut.
  3. Jangan direbus terlalu lama, perhatikan juga proses perebusan jika seandainya Anda ingin memasak dengan cara merebusnya, hingga perebusan yang terlalu lama, cukup dicelupkan dalam air mendidih beberapa detik saja untuk menjaga agar teksturnya tetap renyah dan tidak banyak gizi atau vitamin yang hilang nantinya.
  4. Tambahkan dengan rempah-rempah untuk meningkatkan cita rasanya, tak harus banyak jenis bumbu yang dapat Anda tambahkan dalam memasak tauge ini, cukup bawang dan garam saja sebenarnya sudah mampu meningkatkan cita rasanya. Namun akan lebih nikmat tentunya jika ditambah dengan lebih banyak bumbu atau rempah lain.

Sayuran Segar Kini Ada di Tanihub

Belanja beragam jenis sayuran segar sekarang ini bisa jauh lebih mudah lewat aplikasi dari TaniHub. Dimana aplikasi yang satu ini memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan beragam produk hasil pertanian dalam kondisi yang masih segar. Tak sekedar sayuran saja, melainkan juga ada buah-buahan, daging, ikan, bumbu dapur sampai dengan sembako dijual disini. Kesegaran produknya juga lebih terjaga, hal ini dikarenakan TaniHub mendapatkan produknya langsung dari para petani di Indonesia. Barang juga dikirim secara cepat, sekarang pesan, maka besok barang pesanan Anda akan langsung dikirim sampai depan pintu rumah, sehingga kesegarannya lebih terjaga. Untuk mempermudah kegiatan belanja Anda maka bisa langsung download aplikasinya.