APA ITU AFFILIATE MARKETING?

Terdapat banyak sekali bisnis di dunia online yang dapat dilakukan, salah satunya yaitu affiliate marketingSelain bisa memberikan penghasilan yang cukup lumayan, bisnis yang satu ini juga bisa dikerjakan secara remote serta tidak harus dicek setiap hari. Teknik promosi menggunakan Affiliate marketing ini sama-sama menguntungkan baik untuk si penyewa maupun vendor affiliate. Kemudian apa itu dan seperti apa prinsip kerja affiliate marketing? Berikut ini penjelasannya.

Pengertian Afiiliate Marketing
Apabila dilihat dari cara kerjanya, affiliate marketing ini sekilas hampir mirip seperti reseller, hanya saja dikerjakan secara online. Orang umumnya tertarik mau menerima affiliate di sebuah situs web sebab biasanya situs web tersebut memang telah dipercaya oleh banyak orang dan telah memiliki banyak pengunjung setiap harinya.

Untuk anda yang tertarik menjadi seorang affiliate marketer, caranya pun cukup gampang. Kamu dapat membuat situs web sendiri, entah itu berbayar atau gratis. Kemudian bekerja samalah dengan produk-produk atau perusahaan yang menerima sistem affiliate ini. Nantinya, anda akan diberikan affiliate ID berupa link url yang perlu diletakkan di dalam situs web kamu. Nah, apabila ada orang yang melakukan konversi atau membeli produk tersebut melalui link yang ada di situs web kamu, maka kamu akan mendapat komisi.

Nah, teknik agar orang mau membeli atau meng-klik link itu pastinya perlu dengan konten yang menarik. Di sinilah kreativitas dan keahlian pemasaran kamu diperlukan. Kamu wajib dapat membujuk pembaca agar mau membeli apa yang kamu iklankan agar anda bisa memperoleh komisi. Cukup simpel, kan?

Model Pembayaran Affiliate Marketing
Sebenarnya komisi didapat tidak hanya ketika orang mau membeli produknya saja, namun tergantung dari tujuan awal si perusahaan dan kesepakatan kedua belah pihak. Model pembayaran affiliate marketing ini ada beberapa macam, yaitu:
– Cost Per Sale (CPA) di mana perusahaan akan membayar anda apabila memperoleh pembeli dari situs web kamu.
– Cost Per Lead (CPL) di mana perusahaan akan membayar anda apabila kamu berhasil membuat pengunjung untuk sign up atau mengisi form di website mereka.
– Cost Per Click (CPC) di mana perusahaan akan memberikan komisi apabila terdapat pengunjung di situs web kamu yang mengklik banner mereka kemudian mengunjungi  website milik mereka.

Keuntungan Affiliate Marketing
Untuk para vendor (pemilik produk) pastinya teknik penjualan ini bisa dikatakan cukup murah sebab hanya membayar apabila memperoleh pembeli atau berdasarkan klik saja. Kalau dibandingkan memakai iklan PPC atau Facebook Ads, pastinya anggaran affiliate marketing ini jauh lebih hemat.

Sementara untuk, penyedia situs web affiliate sendiri, Hal ini adalah penghasilan pasif yang berpotensi menjadi besar apabila benar-benar dilakukan dengan serius. Coba bayangkan, hanya bermodalkan laptop dan koneksi internet saja, anda dapat berjualan dan menghasilkan uang tanpa harus berpanas-panasan seperti sales pada umumnya. Selain itu, program affiliate ini juga mempermudah anda untuk ikut berjualan tanpa harus repot menyetok dan mengirim barang.

Kekurangan Affiliate Marketing
Nah salah satu kekurangan yang perlu diketahui apabila anda berniat untuk menjadi seorang affiliate marketer yaitu tingginya tingkat persaingan. Ada sangat banyak affiliate marketer di luar sana yang tentunya telah lebih lama serta memiliki banyak  pengunjung.

Selain itu, ada banyak program affiliate marketing yang malah dapat membuat pengunjung merasa sebal dengan situs website anda. Contohnya saja banner yang dibuat menutupi hampir semua halaman web sehingga pengunjung tidak dapat memperoleh apa yang dicari. Atau dapat juga situs web tersebut memaksa pengunjung untuk meng-klik iklan tersebut. Hal-hal inilah yang jadi penghalang dan membutuhkan perhatian khusus apabila anda ingin menjadi seorang affiliate marketer.

Nah itulah tadi artikel tentang pengertian affiliate marketing. Apabila anda memang ingin mengerjakan bisnis ini, maka segera cari perusahaan-perusahaan yang memang sudah menyediakan program affiliate ini seperti shopee.co.id atau Lazada.co.id.