8 Langkah Menciptakan Dapur Bergaya Minimalis

KOMPAS.com – Desain ruangan bergaya minimalis kini semakin banyak digemari. Selain cocok dengan tren luas bangunan yang semakin mungil, desain minimalis juga membuat sebuah ruangan tampak lebih enak dilihat atau istilah populernya, Instagrammable.

Jika Anda termasuk orang yang menggemari desain ruangan minimalis, ruangan dapur adalah area yang tak boleh dilewatkan. Tapi, harus mulai dari mana?

Jika ingin mengusung desain ruangan yang minimalis, maka Anda tidak perlu mendekorasi ruangan tersebut terlalu rumit. Pastikan desain ruangan tersebut memberi kesan sederhana, namun trendy.

Ada beberapa hal yang bisa Anda coba aplikasikan.

1. Gunakan material dan warna yang sama untuk area countertop dan backsplash. Backsplash sendiri merupakan area di antara lemari kabinet dan countertop di dapur rumah kita.

Kesamaan material dan warna harus memberikan tampilan sederhana yang apik terhadap dapur kita.

Baca juga: 5 Langkah Menata Ruang Penyimpanan di Dapur

2. Warna monokrom

Warna monokrom menjadi kunci untuk menciptakan kesan minimalis dalam sebuah ruangan.

3. Rapi

Pastikan Anda hanya meletakkan peralatan-peralatan dapur yang diperlukan. Setiap peralatan dapur yang terlihat oleh mata juga harus bisa memberikan kesan “statement” terhadap tampilan dapur secara keseluruhan. Hindari menumpuk barang di space dapur sehingga membuatnya tampak berantakan.

Baca juga: Mencegah Tikus Bersarang di Dapur

4. Warna putih

Jika Anda tidak begitu memahami bagaimana mendekorasi dapur yang minimalis, pilihlah warna putih untuk cat dinding dapur dan perlengkapannya. Warna putih akan membuat segalanya terkesan menenangkan.

5. Peralatan ramping

Pilihlah peralatan-peralatan dapur yang ramping untuk menjaga tampilan mininalis. Sederhananya, usahakan memilih sesuatu yang tampak trendy alih-alih tradisional.

6. Warna hitam

Anda juga bisa memilih hanya warna hitam untuk permukaan dapur minimalis tersebut. Untuk merapikan dekorasi, pilihlah benda “statement” yang dapat digantung dan bersifat dekoratif.

7. Material warna tanah

Hanya karena ingin mengusung tampilan minimalis, bukan berarti Anda tidak boleh memberi sentuhan kehangatan pada ruangan tersebut. Caranya, cobalah meletakkan materials-materials berwarna tanah ke dalam ruangan untuk memberi sedikit kesan hangat.

Baca juga: four Trik Membuat Dapur Sederhana Menjadi Tampak Mahal

8. Di dapur dengan tampilan minimalis, seharusnya selalu ada bunga atau tanaman segar untuk mempercantik ruangan.