Membuat ruang-ruang dalam rumah tampak makin cantik dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan memberikan tanaman hias indoor. Tak hanya mempercantik, keberadaan tanaman hias dalam hunian pastinya akan membuat ruangan Anda terasa makin sejuk dan segar.

©Shutterstock
Membuat ruang-ruang dalam rumah tampak makin cantik dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan memberikan tanaman hias indoor. Tak hanya mempercantik, keberadaan tanaman hias dalam hunian pastinya akan membuat ruangan Anda terasa makin sejuk dan segar.

Saat ini, pilihan tanaman hias yang dapat ditanam di dalam ruangan sangat beraneka ragam. Tak hanya sebagai elemen estetis, tanaman hias indoor terkadang juga memiliki fungsi kesehatan. Mari intip eight jenis tanaman hias indoor yang dapat Anda pilih untuk menemani ruangan-ruangan dalam hunian Anda.

Spider Plant

©Tanema by Larch
Sesuai namanya, spider plant merupakan tanaman dengan daun berukuran pipih dan panjang mirip kaki laba-laba. Tanaman ini dapat Anda letakkan di lantai maupun digantung. Merawat spider plant tergolong mudah. Yang Anda perlu perhatikan adalah jumlah air yang diberikan untuk tanaman ini, jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Jika ada daun yang mulai terbakar dan mengering, Anda cukup memetik bagian yang kering dan tanaman spider plant akan kembali terlihat segar.

Artikel lainnya: Bingung Mencari Tanaman untuk Taman Rumah Anda? Berikut adalah 7+ Jenis Tanaman yang Cocok Sebagai Pilihan

Walisongo

©Vertical Garden by Godong Ijo
Jika Anda ingin tanaman hias yang memiliki fungsi untuk menetralkan polusi udara dalam ruangan Anda, tanaman walisongo dapat menjadi pertimbangan. Daunnya yang berbentuk menjari dengan kombinasi warna hijau dan putih kekuningan membuat tanaman ini menarik untuk dipandang. Seperti tanaman hias lainnya, tanaman walisongo ini cukup mudah untuk dirawat. Anda cukup untuk menyiraminya secara teratur dan meyemprotkan pupuk cair ketika diperlukan.

Lidah Mertua

©Tanema by Larch
Jangan buru-buru ketakutan ketika mendengar nama tanaman ini. Tanaman yang tumbuh secara vertikal serta memiliki daun yang runcing ini cocok untuk menemani sudut rumah Anda. Tanaman yang juga disebut sansevieria juga memiliki fungsi menyegarkan udara ruangan Anda. Lidah mertua merupakan jenis tanaman yang biasa tumbuh di daerah kering sehingga dapat bertahan cukup lama dalam kondisi minim air. Terlalu banyak air justru akan mengundang penyakit pada tanaman ini. Cukup sirami tanaman lidah mertua sekali atau dua kali dalam seminggu untuk membuat tanaman ini tumbuh subur.

Dracaena

©Vertical Garden by Godong Ijo
Pilihan selanjutanya adalah dracaena, tanaman hias yang saat ini mungkin belum banyak dikenal. Terkadang dracaena dianggap sebagai tanaman liar karena tanaman ini cukup sering tumbuh di pekarangan rumah dalam kondisi yang kurang terawat. Namun, sebenarnya dracanea memiliki penampilan yang sangat cantik untuk dijadikan sebagai tanaman hias indoor. Meski cocok untuk diletakkan di dalam ruangan, tanaman jenis ini tetap membutuhkan supply sinar matahari. Oleh karena itu letakkanlah tanaman ini di area yang cukup terkena sinar matahari untuk pertumbuhan terbaiknya.

Artikel lainnya: Hunian Tampil Cantik Lewat 6 Ide Dekorasi Tanaman Hijau Dalam Rumah

Monstera

©Tanema by Larch
Tak ketinggalan, jenis tanaman hias yang kini sedang menjadi tren adalah monstera. Daun-daunnya yang berlubang memberikan keunikan tersendiri bagi tanaman ini. Daunnya berwarna hijau pekat, berukuran besar dan berbentuk seperti hati. Bahkan kini mulai muncul pembiakan monstera yang menghasilkan kombinasi warna daun selain hijau, seperti kuning, atau putih. Monstera tak memerlukan banyak sumber pencahayaan alami. Hal ini yang membuat monstera makin mudah untuk dirawat. Selain bentuknya yang cantik dan unik, monstera juga dapat memperbaiki kualitas udara ruangan Anda.

Sukulen Echeveria

©Tanema by Larch
Belakangan ini tanaman jenis sukulen cukup menjadi tren di kalangan milenial, terutama sukulen echeveria. Bagaimana tidak, tanaman ini memiliki ukuran yang mungil serta bentuk yang lucu dan sangat beraneka ragam. Dan yang tak kalah penting, perawatan tanaman ini tergolong sangat mudah. Jika Anda ingin memiliki sukulen echeveria, sebisa mungkin jangan meletakkan tanaman ini di space yang bersuhu dingin karena berpotensi menumbuhkan jamur

Beringin Putih

©Tanema by Larch
Tak seperti pohon beringin yang biasa Anda lihat di pinggir jalan atau taman kota, beringin ini memiliki ukuran yang cukup mungil sehingga dapat dikembangbiakkan di dalam sebuah pot. Warna daunnya yang unik dengan kombinasi warna hijau di bagian luar dan warna putih di bagian dalam tentunya akan semakin mempercantik hunian Anda. Untuk perawatannya, Anda cukup menyiraminya sekali dalam sehari serta memberikan pupuk secara rutin agar beringin putih tumbuh dengan sehat.

Melati Jepang

©Vertical Garden by Godong Ijo
Sesuai namanya, tanaman ini berasal dari Jepang. Tanaman melati ini dipandang lebih cantik dan elegan dibandingkan tanaman melati lainnya. Warna mahkota bunga melati jepang adalah campuran warna ungu muda dan putih susu. Keindahan melati Jepang membuat tanaman ini memiliki harga yang terbilang cukup mahal.

Cara perawatan tanaman ini cukup mudah, Anda tak perlu memberikan perawatan khusus. Yang terpenting adalah jangan sampai membiarkan air menggenangi media tanam.

Artikel lainnya: Buat Taman Anda Makin Asri dan Segar dengan eight Pilihan Pohon Berikut

Demikian eight jenis tanaman hias yang dapat mempercantik inside hunian Anda. Sudahkah Anda menemukan yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda? Anda dapat menemukan berbagai jenis tanaman untuk menghias hunian Anda lewat Archify. Tidak lupa, Archify juga menyimpan berbagai inspirasi dekorasi ruangan dan dapat menghubungkan Anda dengan arsitek dan desainer inside untuk membantu mewujudkan hunian yang Anda impikan.

By sijuara