8 Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara Dan Harga Murah

Vera KhairifahSebagian orang memilih untuk memelihara ikan hias air tawar sebagai hobinya. Jika kamu salah satu di antaranya, maka kamu wajib menyimak rekomendasi ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dengan harga yang murah.

Manfaat Memelihara Ikan Hias Air TawarSiapa bilang memelihara ikan hias air tawar hanya dijadikan sebagai hobi iseng tanpa manfaat? Tanpa disadari, ada beberapa manfaat memelihara ikan hias air tawar yang lebih dari sekadar pemicu rasa senang saja. Di antaranya sebagai berikut:

Faktanya, memelihara ikan hias air tawar di dalam sebuah akuarium dapat menghilangkan stres. Penelitian dari Plymouth University di Inggris menunjukkan bahwa melihat ikan di dalam akuarium terbukti dapat menstabilkan tekanan darah dan detak jantung.

Dampak ini kemudian memberikan rasa tenang dan stres pun akan hilang.

Mengandung Nilai InvestasiBeberapa jenis ikan hias air tawar kini masuk dalam kategori ikan hias yang langka. Baik karena jumlahnya yang semakin sedikit maupun karena coraknya yang jarang ditemui.

Ikan-ikan seperti itu memiliki nilai investasi yang tidak bisa dianggap remeh. Bisa jadi, sewaktu-waktu ikan hias air tawar yang kamu pelihara justru akan banyak dicari kolektor yang berani membayar dengan harga tinggi.

Kecantikan ikan hias juga mampu mempercantik sudut ruangan yang menjadi tempat diletakkannya akuarium. Apalagi jika akuariummu memiliki komponen tambahan yang lebih lengkap.

Seperti bebatuan, tanaman air, pancuran air, lampu hias dan lain-lain. Dijamin ruangan akan semakin cantik dan indah.

Sebagian orang yang meyakini feng shui juga percaya bahwa menempatkan ikan hias menghadap arah mata angin tertentu bisa membawa keberuntungan.

Misalnya untuk ikan lou han, posisi yang pas menaruh akuarium adalah menghadap ke tenggara. Dengan begitu, pemiliknya akan disertai oleh energi positif dan kebahagiaan.

(Baca Juga: Cara Budidaya Ternak Ikan Hias Air Tawar di Aquarium)Rekomendasi Ikan Hias Air Tawar
Berikut ini rekomendasi ikan hias air tawar dengan tampilan yang cantik, mudah dipelihara, serta harganya cukup terjangkau. Para pemelihara ikan hias pemula bisa memilihnya sesuai dengan keinginan.

1. Ikan Cupang
Harga: Rp5.000 – Rp2.000.000

Tak lengkap rasanya jika membahas ikan hias air tawar murah tanpa menyinggung ikan cupang. Ikan kecil yang memiliki sifat sedikit agresif ini mudah ditemui dan coraknya bervariasi.

Di penjual pinggir jalan, kamu masih bisa menemui harga ikan yang sangat terjangkau mulai dari Rp5.000 hingga Rp100.000. sedangkan untuk jenis ikan cupang yang langka, maka harganya bisa berkisar ratusan ribu Rupiah hingga hampir Rp2.000.000.

Pemeliharaan ikan cupang juga tergolong mudah. Cukup dengan air tawar yang bersumber dari sumur atau air PAM, pemberian makan secara bertahap dengan pakan pabrik atau berupa jentik nyamuk saja pun sudah cukup.

2. Ikan Lou Han
Harga: Rp25.000 – Rp7.000.000

Ikan yang populer di awal tahun 2000-an ini juga masih didambakan sebagian pecinta ikan hias air tawar. Tentu saja karena keunikan corak serta bentuk kepala menonjol yang menarik. Sama seperti ikan cupang, lou han mudah ditemui dengan harga yang bervariasi.

Ikan ini membutuhkan akuarium ukuran besar, untuk memudahkannya bergerak secara leluasa. Kunci memelihara ikan lou han adalah kondisi air yang selalu diperiksa secara rutin, kebersihan filter akuarium yang terjaga, pakan berkualitas, dan jangan lupa untuk sesekali berinteraksi agar ikan tidak stres dan mudah mati.

3. Ikan Arwana
Harga: Rp110.000 – Rp28.000.000

Jawara ikan hias air tawar yang selanjutnya adalah arwana. Ikan berkumis ini begitu diidam-idamkan pecinta ikan karena bentuk serta warnanya yang menarik. Untuk para pemula, kamu bisa membeli ikan arwana berharga murah mulai dari Rp100.000-an.

Sedangkan untuk jenis ikan arwana yang langka, harganya mulai dari Rp28.000.000 hingga miliaran Rupiah. Fantastis, ya?

Hal yang harus diperhatikan dalam memelihara ikan ini adalah jangan memberi makanan secara berlebihan, tidak membuka tutup akuarium sembarangan, jangan mengganti one hundred persen air akuarium sekaligus.

Jika kamu pandai merawatnya, maka bisa jadi ikan arwanamu akan menuai nilai investasi di masa depan.

4. Ikan Mas Koki
Harga: Rp9.000 – Rp150.000

Ikan mas koki juga banyak dipilih untuk dipelihara karena bentuk perut melembung yang unik, serta warna cerah yang dipercaya membawa keberuntungan.

Selain itu, harganya murah banget. Jadi, kamu bisa sekaligus membeli beberapa ekor untuk meramaikan akuarium. Ikan mas koki yang dijual seharga puluhan ribu sampai ratusan ribu Rupiah adalah ikan dengan corak terbaik. Misalnya ikan mas oranda, ikan mas rescape, dan lain-lain.

(Baca Juga: Daftar Ikan Hias Termahal di Dunia)5. Ikan Discus
Harga: Rp50.000 – Rp2.500.000

Ikan yang berasal dari perairan tenang sungai Amazon ini juga memiliki tampilan yang cantik dengan warna yang beragam. Kini, ikan discus mudah ditemui dengan harga murah.

Discus kurang suka makanan yang mengapung, sehingga pemberian pakan ikan rasanya kurang cocok dengan ikan ini. Sebagai alternatif, berilah makanan beku atau jantung sapi yang dipercaya bisa membuat warna ikan discus makin bercahaya.

6. Ikan Manfish
Harga: Rp10.000 – Rp70.000

Bentuk ikan ini pipih, tipis, dengan sirip yang panjang. Salah satu kemudahan memelihara ikan manfish adalah kemampuan beradaptasi yang membuat manfish aman disatukan dengan ikan tawar lain dalam satu akuarium.

Karena kecantikannya, manfish sering dianggap sebagai ikan hias air laut alias ikan karang. Padahal, ikan ini adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang murah.

7. Ikan Lemon
Harga: mulai dari Rp5.000

Ikan lemon adalah salah satu ikan hias air tawar berharga sangat murah dengan tampilan warna yang eye-catching. Ikan kecil ini memiliki dua jenis warna, yakni kuning seperti buah lemon dan warna biru. Disertai garis hitam pada bagian atas first dorsal.

Kunci sukses memelihara ikan lemon adalah dengan memilih ukuran akuarium sedang hingga besar yang diisi dengan bebatuan atau komponen tambahan isi akuarium yang bisa dijadikan sebagai tempat sembunyi ikan yang satu ini.

Selain itu, akan lebih baik jika akuarium berisi ikan lemon diisi oleh air sumur dan diberi pakan berkualitas.

eight. Ikan Molly
Harga: Rp3.000 – Rp10.000

Yang menarik dari ikan molly adalah ukurannya yang kecil dengan bentuk perut yang menggembung serta warna yang tak biasa. Misalnya saja ikan molly yang berwarna hitam pekat dan orange. Tak heran jika ikan ini juga disebut sebagai ikan balon.

Karena merupakan hewan omnivora, maka ikan molly hanya bisa dicampur dalam satu akuarium dengan ikan berukuran besar. Pakan yang bisa kamu pilih untuk memelihara ikan ini meliputi cacing rambut, cacing beku, maupun pakan pelet.

Bayar Kebutuhan Pelihara Ikan Hias? Pakai Kartu Kredit Aja!
Itulah rekomendasi ikan air tawar yang bisa menjadi pilihan untuk menghiasi rumahmu. Memelihara ikan akan lebih maksimal dengan menyiapkan akuarium beserta isinya yang berkualitas dan lengkap.

Budget membuat ekosistem akuarium ikan hias bisa kamu dapatkan sekaligus dengan pembelian menggunakan kartu kredit. Selain mudah, ada banyak diskon menarik yang bisa didapatkan.

Tak usah buru-buru mengajukan, sebab di CekAja.com, kamu bisa membandingkan dulu pilihan produk-produk kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan cicilan terjangkau.

Jika sudah menemukan yang sesuai, baru deh ajukan secara mudah melalui formulir pengajuan on-line yang ada di CekAja.com. Limit yang diberikan beragam, dan proses kepemilikan kartu kredit dijamin selesai dalam waktu yang cepat.

Yuk, kartu kredit andalanmu sekarang juga!