4 Tips Memilih Pompa ASI Untuk Ibu Menyusui!

Pompa ASI tentu sangat penting bagi ibu yang baru saja menyusui. Bahkan alat ini di zaman sekarang menjadi salah satu perlengkapan wajib bagi ibu. Melakukan pompa asi ternyata juga punya manfaat untuk pencegahan munculnya mastitis pada payudara.

Nah breast pump ini punya dua jenis yakni pompa ASI manual atau elektrik. Untuk kedua jenis dari pompa asi ini terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing dan disesuaikan juga dengan harga serta brand yang anda pilih. Namun kali ini yang akan lebih dibahas bagaimana cara memilih pompa untuk ASI agar anda bisa menemukan produk paling tepat. Simak berikut ini.

1. Pilih Pompa ASI Berdasarkan Penggunaan

Bagi anda para Ibu sebaiknya memilih pompa ASI dengan mempertimbangkan frekuensi pemompaan. Penggunaan pompa untuk ASI manual, baiknya untuk ibu yang punya ASI cukup. Pompa manual punya tuas dengan tekanan yang bisa diatur jadi lebih mampu untuk mengontrol kekuatan daya hisap dan juga kecepatan pompa. Pompa manual juga punya keunggulan pada suaranya yang tidak menimbulkan berisik. Sehingga pompa jenis ini juga tidak akan mengganggu tidur bayi di sebelah ibu.

Nah Anda bisa memilih pompa  elektrik Jika frekuensi memompa ASI terlalu sering. Pompa ini sangat mudah digunakan karena anda tidak perlu menggunakan tangan dan juga lebih hemat waktu. Terlebih keunggulan lainnya adalah pompa memiliki 2 corong sehingga bisa memompa payudara secara bersamaan dalam satu waktu. Hanya saja tentu harganya jauh lebih mahal dibanding pompa manual.

2. Perhatikan Bagian Botol Penampung

Sebaiknya memperhatikan bagian botol untuk penampung ASI. Botol ini punya ukuran yang berbeda-beda tergantung dari merek yang anda pilih. Ada yang memiliki ukuran sama dengan botol susu bayi  lebih kurang 120 ml sampai 160 ml, ada juga yang punya kapasitas kurang dari 100 ml. Ukuran botol ASI ini sangat penting bagi Anda yang punya ASI berlimpah. Sebaiknya pilih rekomendasi pompa ASI dengan ukuran botol standar untuk menampung ASI lebih banyak.

3. Pilih Bagian Corong Yang Membuat Nyaman

Nah Anda juga harus perhatikan bagian sparepart dari breast pump yang akan dibeli salah satunya bagian corong. Sebaiknya pilih corong yang dapat memudahkan Anda dalam penggunaannya. Corong ASI yang bagus tidak akan membuat payudara Anda terasa sakit ketika melakukan proses pemompaan. Maka dari itu sebaiknya Anda pilih bagian corong dengan bahan yang lembut seperti misalnya silikon apalagi untuk Anda yang memiliki kulit sensitif di bagian puting. Hindari bahan corong dengan material plastik karena bisa membuat bagian kulit jadi terluka karena seringnya menyusui dan memompa ASI. Harga pompa ASI di apotik dan juga toko online tentunya berbeda, tergantung pula pada bahan sparepart yang digunakan salah satunya corong ini jadi sebaiknya selektif dalam memilih.

4. Pilih Produk Yang Mudah Dibersihkan

Sebaiknya Ketika anda sedang memilih produk pompa untuk ASI perhatikan pula bagaimana perawatannya terutama soal membersihkan alat ini. Nah gunakan produk pompa untuk ASI dengan sparepart yang sedikit agar semakin mudah dibersihkan. Karena sparepart ini biasanya bisa dibongkar pasang untuk dibersihkan maka semakin sedikit bagian-bagiannya maka semakin mudah untuk pembersihan.

Sebaiknya perhatikan pula apakah produk mudah dibersihkan atau disterilkan. Lalu pahami pula cara sterilisasi dari produk pompa ini. Karena ada beberapa jenis sterilisasi produk misalnya dengan direbus atau menggunakan sabun sterilisasi khusus.

Demikian beberapa tips dalam memilih pompa ASI yang baik untuk kelancaran memberikan ASI eksklusif pada bayi anda. bagi yang sedang mencari pompa untuk ASI dengan variasi yang lebih banyak dan harga terjangkau bisa mengunjungi Blibli. Baik pompa elektrik maupun manual tersedia pada toko online satu ini dengan kualitas dan keaslian yang terjamin.