4 Tips Memilih Bumbu Instan Yang Sehat dan Aman

Bagi para ibu rumah tangga modern yang tidak punya banyak waktu untuk meracik berbagai bumbu untuk memasak setiap hari, tersedia banyak pilihan bumbu masak instan untuk berbagai jenis masakan. Sayangnya, beberapa pilihan bumbu masak tampaknya kurang sehat bagi keluarga.

Keuntungan dan Tips Membeli Bumbu Instan

Memang, ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dalam menggunakan bumbu instan untuk memasak. Salah satunya adalah menghemat tenaga dan waktu. Dengan bantuan bumbu instan, ibu rumah tangga tidak perlu repot mempersiapkan, memotong, dan menghaluskan bumbu.

Keuntungan lain dalam menggunakan bumbu instan adalah hasil masakan bisa lebih konsisten. Setiap bungkus bumbu instan mempunyai komposisi yang sama serta takaran yang presisi. Masakan apapun yang Anda buat menggunakan bumbu instan bisa mempunyai rasa yang lebih konsisten.

Ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti saat berbelanja bumbu instan agar pilihan Anda bisa menjaga keluarga Anda tetap aman dan sehat.

  • Pilih bumbu instan yang bebas MSG

Monosodium glutamate atau MSG merupakan salah satu bahan yang membuat bumbu instan menjadi lebih kaya rasa. Sayangnya, bahan ini mampu menimbulkan reaksi alergi bagi beberapa orang. Sangat disarankan untuk memilih bumbu instan dengan kandungan MSG serendah mungkin.

Jika memungkinkan, beli bumbu instan yang tidak mengandung MSG sama sekali. Bumbu instan yang tidak mengandung MSG lebih aman dan sehat bagi seluruh anggota keluarga.

  • Perhatikan penggunaan bahan pengawet

Pengawet juga ditambahkan dalam bumbu instan agar produk tersebut bisa bertahan lebih lama di pasaran. Bahan ini juga akan membahayakan kesehatan keluarga Anda. Saat memilih bumbu instan Anda perlu mencari tahu bahan pembuatannya dan membeli produk tanpa bahan pengawet.

Sebenarnya, beberapa rempah yang digunakan di Indonesia untuk memasak adalah bahan pengawet alami. Seharusnya, bumbu masak instan tidak perlu memakai bahan pengawet dalam jumlah banyak.

  • Cari tahu jenis pewarna yang digunakan

Ada berbagai jenis pewarna yang boleh digunakan dalam bahan makanan dan beberapa jenis lain yang tidak boleh diterapkan pada bahan makanan. Zat rhodamine contohnya, seringkali digunakan di industri kertas dan tekstil. Sayangnya, beberapa produk makanan masih menggunakan zat tersebut.

Pastikan Anda memilih bumbu instan yang mengandung pewarna aman untuk makanan. Jika Anda tidak yakin pewarna mana yang aman digunakan dalam makanan, Anda sebaiknya memilih bumbu instan tanpa zat pewarna apapun.

  • Cek tanggal kadaluarsa bumbu instan

Tanggal kadaluarsa yang tertera di bungkus bumbu instan juga memegang peran penting. Lakukan pengecekan terhadap tanggal kadaluarsa tidak hanya pada bumbu instan tapi juga pada berbagai produk bahan makanan yang lain.

Mengkonsumsi makanan, termasuk bumbu instan yang sudah kadaluarsa akan membahayakan keluarga Anda dengan berbagai resiko kesehatan. Kemasan bumbu instan memuat banyak sekali informasi berguna yang bisa Anda teliti. Pastikan selalu membaca kandungan dan kadaluarsa produk.

Membeli Bumbu Instan dengan Mudah dan Nyaman

Saat ini ada banyak cara untuk berbelanja, termasuk membeli bumbu masak instan. Salah satunya adalah secara online dari rumah, dengan menggunakan aplikasi TaniHub maupun melalui situs web TaniHub di tanihub.com.

Berbagai produk makanan yang juga tersedia di TaniHub seperti daging, telur, sayur, serta buah dijual langsung dari para petani dan pemasok. Kualitas bahan makanan dan produk-produk sembako yang bisa Anda dapatkan dari TaniHub tentu berkualitas dan aman bagi kesehatan keluarga Anda.